Minggu, 20 Desember 2015

2015, Bisa kah Move On ?


2015...
MANIS KAH ATAU PAHIT ??


                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                               
Sebentar lagi akan pergi dari beradaban dunia ini dan bahkan mungkin tak akan kembali, yang tersisa hanya kenangan ntah kenangan manis atau pahit. Semua itu hanya diri sendiri yang dapat menentukan kenangan itu manis atau pahit. Mengapa demikian ? yeah.. semua itu tergantung pribadimu, tergantung pikiran serta hati kamu yang akan menilai peristiwa yang terjadi dalam hidupmu khusunya selama setahun kebelakang. Remember, semua kenangan itu:
1.  Januari :  

  • Bulan kelahiran,
Nothing special, aku traktir temen-temen pengabdian, ngga ada kado, ngga banyak do’a, do’a pasti hanya dari Mamah dan Ayah yang selalu menyelimuti ditiap hariku, serta do’a temen-temen pengabdian yang sama-sama ingin dapat bangku kuliah yang diinginkan dan semoga habis pengabdian setahun ini hidup kita semua barokah, Aamin.
2.  Februari   : ....
3.  Maret   :  ....
(seiring berjalannya waktu)
4.  April   :

  • Aku mulai berbisnis,
Hanya butuh perjuangan untuk mencari uang.. haha.

  •  Memperbaiki silaturahmi dengan kerabat yang ada, salah satunya Kak Benon,
And apa yang terjadi setelah memperbaiki silaturahmi itu ? pasti kamu udah yakin banget aku jadian kan sama dia ? haha. Hhmm... aku ga kepikiran dan banyak pertimbangan kalo aku jadi sama makhluk itu haha, ya salah satunya karena dia itu kakak kelas aku. Aku sama dia itu bedanya 3 tahun, dan kalo di sekolah ku kakak kelas sama adik kelas itu biasanya banyak tanda kutip nya, maksudnya jarang akrab gitu, dan kalo ada hubungan spesial diluar kakak kelas dan adik kelas biasa kaya adik angkat, pacar, atau yang lainnya itu suka di incer sama temen-temennya, terus ngga cuma disitu penderitaannya, tapi juga disindir, dibully, bahkan kalo punya hubungan lebih dari kakak dan adik kelas sama Kak Benon ntar sama temen spesialnya bisa jadi kamu dilabrak, ngeri banget kan ??

  • Sibuk browsing sana sini buat cari kuliah,
Kalo kamu yang punya keahlian menonjol mungkin kendalanya hanya tinggal menentukan universitas mana yang akan dipilih, dan kalo kamu yang ngga punya keahlian menonjol terus juga ngga dapet izin orang tua buat kuliah di luar kota apalagi sampe ngkost, yang paling pasti kamu ngga mungkin ambil universitas diluar kota dan masalah jurusan yang mau diambil, mungkin bisa dibicarakan sama orang tua dan temen-temen terus konsultasi juga sama guru SMA kamu sebelumnya. Nah kalo aku ngga hanya bingung pilih universitas dan jurusan, tapi kota mana yang akan dipilih dan izin orang tua jadi kendala utamanya. Eits tapi tenang dulu, aku pasti bisa ngatasin ini semua, first, kenali dirimu !
Second, pilih jurusan, kalo udah dapet catat semua daftar nama universitas yang kamu pilih, setelah itu pilih kota favorit buat tempat menuntut ilmu kamu selanjutnya.  The last, yakini orang tua kamu kalo kamu bisa jalanin itu semua dengan baik dan tanpa harus ada yang dikhawatirin, caranya gimana ya ?? gampang aja, kaya aku aja contohnya waktu itu Mamah sama Ayah tanya gimana kuliahnya ka? Jawaban aku, hhmm.. aku mau di Jogja Yah Mah, mau ngambil Komunikasi Penyiaran Islam, tepatnya di UIN Jogja. Kamu tau jawaban Ayah Mamah apa ? “kan udah 7 tahun mondok ka, apa ngga kasian sama Ayah Mamah ?”. Tiga sampe empat minggu kedepan aku mikir, benar juga sih, tapi dipikir-pikir lagi, kapan majunya gue kalo diem di kota kelahiran terus?
5.  Mei     : ...
6.  Juni    : ...
·      I am start from SBMPTN,
 Yups, aku mulai kehidupan selanjutnya dengan jalur SBMPTN.Kamu tau jurusan apa aja yang aku ambil ? pasti ngga bakal percaya deh, pilihan pertama dan kedua aku ambil di UNJ jurusan Pend. B. Inggris dan Pend. Luar Biasa dan yang ketiga aku ambil di UIN Sunan Kalijaga Jogjakarta jurusan Teknik Informatika, dan hasilnya ...??
Kita tunggu bulan depan. 






  • Siapa yang anter aku SBMPTN ke IPB ?
Farid Benoni, kaka kelas yang aku ceritain 2 bulan lalu. Iya dia yang anter aku ke IPB, dan kamu tau apa yang terjadi setelah SBMPTN ?
Hhmm,  dia bilang “ I Like You “ , wow .. amazing !! J dan setelah kalimat itu terlontar apa yang kami lakukan ? Salting, salah tingkah .. haha tapi itu semua terjadi manis sekali.
Terus kamu langsung jawab ka ? Huh, ya ngga lah biar aja semua mengalir bak air sungai hehe.. tapi aku ngga sekejam kamu ya yang berani gantungin cowok berbulan-bulan bahkan tahun. Aku cuma suruh dia sabar sampe 1 minggu kedepan aja. Dan kamu tau apa jawaban aku.. eits bukan jawaban deh kalo jawaban kamu pasti udah bisa nebak kan.. tapi gimana teknis nya ? jadi, 1 hari sebelum aku jadi sama dia kebetulan aku jalan layaknya seperti pasangan yang menikmati malam minggu dan sebelum benar-benar kami berpisah disitu aku bilang sama dia jangan pernah hubungi aku lagi, aku minta maaf kalo nanti atau besok dan seterusnya nggga akan pernah angkat telpon, pokoknya semua kata-kata yang keliatan menolak pernyataan cintanya seminggu lalu, terus aku kasih dia surat (padahal jawabanya “ I am Yours “) terus apa respon dia setelah aku bilang kaya gitu ? mungkin kamu ngira nya cuma kata “ngga papa” atau “loh emang kenapa?”atau mungkin “kamu ngga suka ya sama aku ?”kamu semua salah perkiraan, respon dia itu meneteskan air mata .. hehe (bagus kan akting gue) bisa bayangin kan kalo cowok nangis ditolak cewek yang dia suka.. terus aku langsung ngalihin pembicaraan supaya dia ngga makin deres gitu nangis nya dan aku bilang baca surat itu besok atau tengah malem setelah gantinya  hari, yaitu tanggal 15 Juni 2015.
7.  Juli    :

  •  Anda Tidak LULUS
Kalo udah digituin gimana ? mau nuntut sama universitasnya kalo aku mau banget kuliah disitu ? kan ngga mungkin. Yang paling mungkin itu kita pasrah aja.
Dan kalimat itu ga cuma 1-2 kali aja, tapi bisa sampe 3-4 kali, menurutmu gimana ? payah banget ya gue ?
8.  Agustus :

  • Jogja membuka semuanya ...

Pertama, i am try to test in Jogjakarta, with Kak Benon, Gusti, Tirza. And I can J
Aku diterima sama UIN SUKA, aku jodoh sama dia hehe.

  • Bulan baik,
Bulan ini awal dari semuanya .. Thanks God J
9.  September:

  • MABA,

Mahasiswa Baru UIN SUKA, prodi : Komunikasi Penyiaran Islam (KPI). Sebelum daftar reguler, UIN SUKA make me puzzled. Aku bingung apa bedanya Ilmu Komunikasi sama Komunikasi Penyiaran Islam ?
10.Oktober :

  •  Mahasiswa Rantau,
Ternyata jadi mahasiswa rantau itu ngga mudah, apa sih yang bikn ngga mudah ? Banyak bingits, penyesuain lingkungan, ngertiin bahasa mereka, adat istiadat, gaya hidup, pokoknya masih banyak lagi. Pokoknya kamu harus rasain sendiri sensasinya.

  • Perjuangan anak pertama,
Yaa,semua nya itu tuntutan. Dituntut jadi yang terbaik, jadi panutan, jadi contoh ya apalah itu yang baik-baik pokoknya.

  • Perjuangan LDRApasih LDR ? Lama-lama Di Rebut orang, takut juga kadang singkatan itu berubah makna jadi kaya gitu,but i believe him. Everything,semua pasti yang terbaik, semua pasti ada alesannya kenapa aku harus LDR, biar internet, media, yang jadi saksinya, haha.
  • Terbentuknya SUKA Peduli,
Sunan Kalijaga Peduli, apa sih itu ?
Itu komunitas orang-orang peduli sesama.

  •  Follow Rasida Fm,

Radio Siaran Dakwah, itu yang punya hanya Fakultas Dakwah dan Komunikasi loh, jadi apa salahnya memanfaatkan fasilitas belajar yang ada.


11.November:

  • Kapan pulang ?
Ternyata pertanyaan itu ngga hanya terlontar dari pacar satu-satunya, tapi Ayah Mamah, adik ku Diana, sampe si Bungsu Ichwan, kakak sepupu yang kuliah di Bandung (Dilah Nasution) juga, and temen-temen yang jauh di Bogor sana.

  • Kapan transfer ?
Mungkin satu sampe dua kali aku bisa nahan buat ngga belanja, tapi setelah sering keliling Jogjakarta .. hhmm .. Kamu sabar ya pokoknya kalo mo maen ke sini terus bawa perbekalan yang banyak.
12.Desember:

  • Masih perjuangan LDR,
  • Peresmian SUKA Peduli,
  •  Mo cepet liburan,
  • Ternyata belajar itu ngga sulit,
Kenapa aku bilang ngga sulit, soalnya di Jogja ini kan kota pelajar, so fasilitas semuanya pasti lengkap kali mulai dari perpustakaan, toko buku yang sesuai kantong mahasiswa, sekecil apapun kegiatan pasti berbentuk pendidikan, seminar gratis dimana-mana, masih banyak deh.


Thanks for everything, makasih buat semuanya.
Terutama Mamah Ayah
yang jadi pemeran utama dalam hidupku ini, yang ngga pernah lupa doain anaknya, serta nasehatmu  selalu buat aku tenang kalo aku lagi di landa masalah besar dan kebingungan yang tak berujung serta solusi yang selalu membuatku bangkit dari masalah besar. Terus buat ke-3 adik-adik ku Syahril, Diana, Ichwan .. 
makasih juga buat support dan canda tawa kalian yang selalu buat kakak  rindu akan hadir kalian dan lingkungan rumah, dan kakak selalu do’a pokoknya pengalaman kalian harus lebih banyak daripada kakak.. dan pendidikan tetap jadi nomor satu ya.
Sekali lagi makasih udah warnai 2015 aku dengan segudang cerita, manis dan pahitnya kenangan, dan kekonyolan-kekonyolan yang selalu buat kita ketawa kalo inget itu semua, kritik, saran yang membangun walau harus dengan celetukan dan sindiran-sindiran hangat yang tak terlupakan, sureprise-sureprise yang ngga kalah hebatnya, serta solidaritas dan indahnya bersahabat makin hangat ketika nama kita terdapat di daftar nama pengabdian yang mulai menghiasi pengalaman kita masing-masing, dan kerinduan yang  tak pernah terbayar setelah wisuda 2014 tahun lalu yang mulai memisahkan kita dan harus memilih kehidupan selanjutnya semua kenangan itu adalah modal awal kita, dan nasehat semua guru-guru tercinta yang tak akan terlupakan, canda tawa yang selalu tercipta di pesantren tercinta Daarul ‘Uluum Lido.
Dan satu lagi buat orang yang pernah hadir dan meluangkan banyak waktunya sekali lagi terima kasih, dan untuk yang masih berbekas hingga sekarang aku minta maaf, semoga kita semua pada jalannya, Aamin. Dan makasih yang pernah buat sakit hati, PHP, dan kenangan pahit lainnya, karena semua itu ngajarin aku pengetahuan baru gimana caranya ngatasin sakit hati by myself. Dan kenangan bahagia di tahun ini, keluarga baru, temen baru, tempat belajar baru, tempat tinggal baru, pacar baru, gaya hidup baru,dan itu semua juga ngajarin aku pengetahuan baru, yaitu menjaga itu semua. Ternyata yang sulit itu bukan melupakan past tense, lampau, sekalipun mantan mungkin, tapi yang sulit itu menjaga yang sudah terbentuk dengan rapih, tertata dengan indah agar tidak rusak akibat ulah dan perbuatan kita sendiri.
Dan terakhir buat pacar satu-satunya .. 
makasih udah banyak meluangkan waktunya, serta supportnya juga. Semoga semua akhir cerita kita ngga akan pernah bertemu di wisuda hati ya.. tapi sampai ngga berujung deh J
Semoga tahun yang akan datang lebih baik lagi, bisa menjadi contoh bagi siapapun, tambah pengalaman, dan pengamalan ilmu yang lebih baik serta dakwah kepada masyarakat. Dan Mamah Ayah makin bangga sama aku dan jadi kakak yang terbaik buat ke-3 adik-adiknya J ..








Tidak ada komentar:

Posting Komentar